SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BOOK PADA MATERI BAB 7 DAERAH KEBANGGAANKU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PURWARA V DESA KELUMPANG JAYA
XML JSON
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Fun Thinkers Book Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Purwara V Desa Kelumpang Jaya yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan Addie. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri Purwara V Desa Kelumpang Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi Media Fun Thinkers Book berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa Media Fun Thinkers Book memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,84. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa Pengembangan Media Fun Thinkers Book memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 87%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,75 dengan klasifikasi tinggi yang artinya Pengembangan Media Fun Thinkers Book memiliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Fun Thinkers Book terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Purwara V Desa Kelumpang Jaya.
Kata Kunci : IPS, Pengembangan, Media Fun Thinkers Book..
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
WULANDARI - Personal Name
|
Student ID |
5021211
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Ketua Penguji
Aren Frima, M. Pd - - Penguji 1 Dedy Firduansyah, M.Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
WULANDARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |