SKRIPSI S1 FISIKA
PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMAN MEGANG SAKTI
XML JSON
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan modul fisika berbasis Children Learning In Science (CLIS) yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep dan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri Megang Sakti, (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa kelas X SMA Negeri Megang Sakti setelah menggunakan modul fisika berbasis Children Learning In Science (CLIS), (3) Untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri Megang Sakti setelah menggunakan modul fisika berbasis Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Develop, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X.1 SMAN Megang Sakti yang berjumlah 44 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan soal pretest dan posttest. Berdasarkan lembar validasi ahli untuk mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan didapatlah skor ahli materi 55, ahli media 56, dan ahli bahasa 42 dengan kategori sangat baik. Hasil pemahaman konsep rata-rata nilai n-gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi, dan literasi sains rata-rata nilai n-gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul fisika berbasis CLIS (Children Learning In Science) mampu meningkatkan pemahaman konsep dan literasi sains peserta didik, sehingga dapat digunakan sebagai perangkat ajar dalam pembelajaran di kelas.
Kata kunci: Modul, CLIS, Pemahaman Konsep, Literasi Sains.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DWI IRAWATI - Personal Name
|
Student ID |
4121006
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Sulistiyono, M.Pd. - - Ketua Penguji
Endang Lovisia, M.Pd.Si. - - Penguji 1 Yaspin Yolanda, M.Pd. Si. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Kontributor |
DWI IRAWATI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
530
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |